08 September 2009

Tips cara bikin skenario sinetron

Tips cara bikin skenario sinetron

Pengen jadi penulis skenario sinetron? Bingung cari inspirasi cerita? Ini tips dari gue, dijamin sinetronnya akan laris manis dan dapet rating tinggi.

Tips #1
Tentukan dulu genre sinetron anda. Di Indonesia, genre yang paling laku adalah:
  1. Drama
  2. Misteri dengan bumbu religi
  3. Komedi
Untuk genre komedi di Indonesia pada umumnya cuma dibagi menjadi 3 sub genre:
  1. Komedi mengenai rakyat kecil, contoh: Bajaj Bajuri, OB
  2. Komedi mengenai orang betawi, contoh: si Entong, Si Doel (perhatikan bahwa komedi mengenai betawi harus menggunakan nama orang sebagai judul sinetronnya, lengkap dengan prefiks "si"!)
  3. Komedi "nakal", biasanya tayang waktu malam hari saja.

Tips #2
Bikin jalinan cerita yang cukup kompleks. Jangan lupa untuk selalu mencatat jalinan cerita sinetron-sinetron yang ratingnya tinggi. Berikut beberapa cerita yang sering kita jumpai di sinetron dan bisa jadi inspirasi anda:

Genre drama:
  1. Hamil di luar nikah dan pernikahannya ditentang oleh keluarga si cowok or ceweknya.
  2. Percintaan si kaya dan si miskin. Sekali lagi biasanya percintaannya ditentang oleh keluarga si cowok or ceweknya
  3. Pacaran (atau menikah), kemudian salah satu menderita penyakit mematikan. Kemudian, percintaannya ditentang oleh keluarga si cowok or ceweknya.
  4. Salah satu pihak menderita amnesia, dan entah bagaimana si penderita amnesia tersebut terdampar di suatu tempat jauh dari pasangannya, sehingga si pasangan mencari-cari seperti orang bodoh. Seperti biasanya, keluarga si cowok or cewek menentangnya, dan menyuruhnya kawin lagi.
  5. Kombinasi dari cerita-cerita di atas. Misalnya, pada awalnya hamil di luar nikah dan karena si perempuan lebih miskin daripada yang laki-laki, maka pernikahan mereka ditentang oleh keluarga laki-laki. Kemudian mereka kawin lari, dan mengalami tabrakan sehingga salah satu mengalami amnesia. Entah bagaimana caranya mereka terpisah sehingga si suami mencari-cari istrinya yang sudah tidak ingat lagi. Endingnya, si suami (or istri) menderita penyakit berat sehingga akhirnya meninggal dunia.
Genre misteri/religi:
  1. Tentukan dulu tokoh antagonisnya, misalnya menantu, ibu, mertua, tetangga, dan sebagainya.
  2. Tentukan juga tokoh korban yang biasa dianiaya oleh si tokoh antagonis
  3. Tentukan cara matinya si tokoh antagonis: dirubung belatung, disambar petir, ditabrak kereta, dan sebagainya.
  4. Alternatif lain, si antagonis tiba-tiba bertobat karena salah satu dari kejadian berikut: tiba-tiba miskin, kecelakaan, jatuh sakit, ditipu, dan sebagainya.
  5. Jangan lupa memasukkan tokoh yang berperan sebagai orang bijak, misalnya pak haji atau imam masjid.
Tips #3
Harus ada catchphrase. Usahakan pakai kata-kata yang paling populer di sinetron-sinetron Indonesia saat ini, seperti: "aku hamil", or "anak tidak tahu diri", or "keluar!!! keluar!!!". Catchphrase ini harus diucapkan diikuti dengan tangisan atau dengan teriakan.

Tips #4
Untuk memberi judul sinetron, jangan lupa untuk selalu mengikuti tren judul sinetron. Jaman sekarang untuk sinetron drama, trennya adalah menggunakan nama orang untuk judul sinetron, misalnya "Intan" dan "Wulan". Mungkin anda bisa lihat daftar absensi kuliah dan mencari nama-nama yang belum pernah dipakai untuk judul sinetron. Bisa juga anda lihat dari buku telepon.

Untuk sinetron misteri biasanya menggunakan judul utama yang diambil dari kata-kata bijak, seperti Hidayah, Hikayah, dan sebagainya, diikuti dengan subjudul yang cukup panjang, seperti "anak durhaka pemabuk mati dirubung semut". Kalau bingung mencari judul untuk sinetron misteri, bisa juga copy-paste dari headline koran Lampu Merah, karena judulnya senada.

Tips #5
Kalau tips-tips di atas tidak membantu anda, coba anda ke ITC dan cari drama-drama korea. Lihat teksnya dan salin ke komputer, dan ikuti tips nomor 4 untuk memberi judul sinetron anda.
Kalau ingin jiplakan anda lebih orisinil, sebaiknya anda cari drama dari negara lain, misalnya mesir, nigeria dan nepal.

Jadi, tidak sulit kan membuat cerita sinetron??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome to 107.3 E-radio Study & Fun Station.